Mengenal 6 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Cocok Juga untuk Hiasan!

Meletakan tanaman yang tidak disukai kucing, bisa jadi cara halus untuk mengusir kucing liar yang kerap datang ke pekarangan rumah. Meskipun kucing memang hewan yang lucu dan menggemaskan, namun tak semua orang menyukai kehadirannya, karena kucing terkadang merusak tanaman bahkan membuang kotoran sembarangan. 

Screenshot 14
Tanaman yang tidak disukai kucing

Meskipun Anda tidak menyukai kucing yang datang ke pekarangan rumah, namun jangan sampai mengusirnya dengan kasar bahkan hingga menyakitinya. Karena kucing juga makhluk Tuhan yang harus dilindungi. 

Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

Untuk mengusir kucing secara halus tanpa menyakitinya,  Anda bisa meletakan jenis tanaman yang tidak disukai kucing. Dengan begitu kucing pun tidak akan berani mendekati rumah Anda. Berikut beberapa tanaman yang tidak disukai kucing:

#1 Tanaman Lavender.

Screenshot 11
Tanaman Lavender

Mungkin bagi kita manusia, aroma lavender itu harum dan menenangkan. Namun kucing tidak menyukai bau lavender yang menyengat tersebut. Dengan meletakan tanaman lavender di halaman rumah, bisa jadi cara efektif agar kucing tidak mendekati rumah Anda.

Bukan hanya kucing, serangga-serangga pun tidak suka dengan aroma tanaman ini. Jadi, rumah Anda pun akan aman dari serangga dan kucing pengganggu. 

#2 Tanaman Coleus Canina

Tanaman yang memiliki bunga warna ungu dan biru ini merupakan tanaman yang berasal dari Jerman. Tanaman Coleus Canina ini juga dikenal dengan nama Scaredy cat plants. Bukan hanya ampuh mengusir kucing, namun hewan kelinci dan anjing pun tidak akan berani mendekat, bila Anda meletakan tanaman ini di pekarangan rumah. 

#3 Tanaman Geranium

Screenshot 13
Tanaman Geranium

Tanaman Geranium mengeluarkan bau yang menyengat dan menyenangkan bagi manusia, namun ternyata baunya dibenci kucing karena dianggapnya kurang sedap buat penciumannya. 

Geranium sendiri adalah tanaman yang bisa ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan. Cara merawatnya cukup mudah, dimana tanaman ini hanya butuh sedikit air saja, karena itu Anda cukup menyiramnya bila daunnya mulai layu. 

#4 Tanaman Citronella

Tanaman yang satu ini dikenal ampuh mengusir nyamuk dan sebagai tambahan bahan makanan dengan aroma jeruknya yang segar. Namun aroma jeruk ini tidak disukai kucing, sehingga bila tanaman ini Anda letakan di halaman rumah, maka kucing pun tidak akan mendekati rumah Anda. 

Tanaman ini bisa Anda tanam di pot dan letakan di sepanjang halaman rumah atau teras. Saat merawatnya, penting untuk tidak memberikan pupuk berlebihan karena bisa mengurangi aromanya tersebut. 

#5 Tanaman Pyracantha

Screenshot 12
Tanaman Pyracantha

Tanaman yang tidak disukai kucing selanjutnya adalah Pyracantha. Tanaman yang memiliki duri tajam ini memang sekilas tampak indah, namun bila didekati akan tampak duri-duri tajam dan panjang sehingga membuat kucing tak jadi mendekat dan memasuki rumah Anda. 

#6 Tanaman Pennyroyal

Tanaman Pennyroyal adalah salah satu jenis tanaman yang dibenci kucing. Tanaman ini mengeluarkan bau mint yang menyengat. Bukan hanya tidak disukai kucing, tapi serangga pun enggan mendekat karena aroma mint nya tersebut. 

Ekstrak Pennyroyal sendiri banyak digunakan untuk makanan dan teh herbal sebagai perasa mint. Tapi, Anda harus hati-hati dengan minyak yang dikeluarkan oleh tanaman ini, karena mengandung racun yang berbahaya bagi manusia dan hewan. Bila kucing mencium aroma Pennyroyal,  mereka akan langsung menjauh karena tak kuat. Tanaman ini bisa Anda tanam sebagai pembatas pagar rumah Anda agar kucing tak berani memasuki area rumah. 

Itulah 6 tanaman yang tidak disukai kucing rekomendasi Oke.or.id. Dengan meletakan tanaman tersebut di sekitar halaman atau pekarangan rumah, maka kucing pun tak akan berani mendekati rumah Anda. 

Leave a Comment