Siaga Bencana, Ini 5 Tanaman Pencegah Longsor dan Banjir

Bencana bisa datang kapan saja tanpa diduga, selalu siap siaga adalah cara terbaik untuk meminimalisir resiko terjadinya bencana. Menanam tanaman pencegah longsor di sekitar kawasan yang rawan bencana tersebut merupakan salah satu upaya terbaik mencegah terjadinya longsor.

Tanaman Pencegah Longsor

Tinggal di kawasan rawan longsor memang membuat kita cemas tiap kali musim penghujan tiba. Namun tenang, longsor bisa dicegah dengan cara menanam pohon pencegah longsor di sekitar rumah. Berikut tanaman pencegah longsor yang bisa ditanam di area rumah.

#1 Tanaman Beringin

Screenshot 15
Tanaman beringin

Salah satu  tanaman yang dapat mencegah banjir atau longsor adalah pohon beringin. Hal tersebut karena pohon beringin mampu menjaga struktur tanah sehingga bisa meminimalisir terjadinya longsor. 

Anda bisa mulai menanam bibit beringin di sekitar rumah sebagai langkah awal mencegah terjadinya bencana.

Pohon beringin memang memiliki pertumbuhan yang sangat lama, tapi manfaatnya bisa dirasakan untuk jangka panjang, terlebih bila pohon ini sudah mulai tumbuh. Kendati pertumbuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi manfaatnya bisa dirasakan jangka panjang.

#2 Tanaman Sukun

Tanaman sukun adalah jenis tanaman endemik. Buah sukun mengandung sumber pangan yang cukup potensial dalam memenuhi energi bila dikonsumsi. Pohon sukun memiliki akar yang sangat besar dan kuat hingga belasan meter. Oleh sebab itu, pohon ini bisa mencegah pergerakan tanah dan longsor. 

Selain itu pohon sukun juga mampu menyerap air dalam jumlah besar. Sehingga banjir pun tidak akan terjadi di kawasan yang terdapat pohon sukun. 

#3 Tanaman Trembesi

Image 2
Tanaman trembesi

Tanaman pencegah longsor yang satu ini dijuluki juga sebagai Ki hujan, karena pohon ini dapat meneteskan air layaknya hujan. Meskipun tanaman trembesi biasanya di tanam di lahan terbuka, namun tidak ada salahnya tanaman ini juga di tanam di sekitar rumah, sebagai upaya pencegahan banjir dan longsor. 

Pohon trembesi bisa tumbuh besar dan tinggi hingga mencapai 20 meter, usianya pun bisa sampai puluhan tahun. Dengan ciri-ciri memiliki batang berwarna coklat kehitaman, beralur dengan tekstur yang kasar. 

Tanaman trembesi juga memiliki akar yang sangat kuat yang dapat menahan struktur tanah pada kawasan rawan longsor dan banjir. Selain itu akar trembesi juga mampu menyerap curah air yang melimpah pada musim hujan. Sehingga banjir pun dapat di minimalisir.

#4 Akar Wangi

Akar wangi adalah tanaman yang memiliki manfaat bagi lingkungan. Pada bagian daunnya bermanfaat untuk mengusir hama atau menyerap karbon. Sedangkan pada bagian akarnya dapat menjaga kualitas air dan mencegah longsor karena strukturnya yang kuat. 

Selain itu, tanaman pencegah longsor yang satu ini juga dapat menyuburkan tanah serta dapat berfungsi sebagai pengikat tanah.

Tanaman akar wangi memiliki ciri pada batangnya  yang panjang serta daunnya yang tipis panjang, dengan tekstur keras atau kaku. Tanaman akar wangi dapat berbunga dengan warna coklat keunguan.

#5 Tanaman Porang

Screenshot 17
Tanaman porang

Salah satu tanaman pencegah longsor berikutnya adalah Porang. Porang  adalah tanaman dari golongan umbi umbian yang mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat. Tanaman ini biasanya digunakan untuk bahan baku mie shirataki, yang rendah karbohidrat dan gula. Menanam pohon porang di sekitar rumah bisa jadi cara efektif dalam mencegah terjadi banjir dan longsor. 

Nah, itulah 5 tanaman pencegah longsor dan banjir dari Oke.or.id yang bisa ditanam di sekitar rumah, sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya bencana banjir dan longsor. 

Leave a Comment