Bikin Sejuk dan Nyaman, Ini 10 Tanaman Pembersih Udara di Rumah

Tanaman hias bukan hanya berfungsi untuk mempercantik halaman atau ruangan di rumah. Tapi bisa juga untuk membersihkan udara di dalam rumah. Tanaman pembersih udara tersebut mampu menyerap gas-gas beracun seperti benzena, formaldehida, toluena, xilena, dan trikloroetilen dari udara. Setidaknya ada 10 tanaman pembersih udara di rumah yang bisa kamu rawat untuk menjaga kesejukan udara di dalam rumahmu.

10 Tanaman Pembersih Udara di Rumah

Tanaman Pembersih Udara Peace Lily
Tanaman Pembersih Udara Peace Lily

Inilah jenis tanaman yang bisa membersihkan udara di rumah membuat rumah sejuk dan nyaman.

#1 Tanaman Sri Rejeki

Tanaman pembersih udara yang pertama adalah Sri rejeki. Tanaman ini dapat menyerap racun seperti benzena, formaldehida, xilena, trikloroetilen, dan toluena, sehingga udara jadi segar dan nyaman.

Selain memperindah ruangan, tanaman ini juga mampu menyerap C02 pada malam hari dan menghasilkan oksigen serta meningkatkan produktivitas dan kesehatan di rumah. 

Tanaman Sri Rejeki 1
Tanaman Sri Rejeki

Tanaman ini cocok diletakan di dalam rumah karena tak perlu banyak sinar matahari. Sementara untuk perawatannya cukup disiram 1 kali seminggu saja.  

Tanaman Sri Rejeki akan tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dan  jarang terkena sinar matahari, hanya 10-30% sinar matahari. Dari kelembabannya tanaman ini butuh 50-70% kelembaban. Bila media tanamnya mengalami kelembaban yang berlebihan maka akan tumbuh jamur yang bisa mengganggu pertumbuhannya. 

#2 Tanaman Lidah Mertua

Lidah Mertua 1
Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman yang cukup populer dan banyak digemari ibu-ibu pecinta tanaman hias. Bukan hanya sebagai tanaman hias tanaman lidah mertua juga berguna sebagai pembersih udara di dalam rumah dan sekitarnya. 

Tanaman ini dapat menghisap berbagai polusi udara seperti benzena, formaldehida, xylene, toluena, dan trichloroethylene. Lidah mertua akan menyerap racun dan melepaskan oksigen ke sekitarnya. Tanaman ini juga bisa melepaskan kelembaban di udara serta mengurangi alergi di udara dengan efektif.

Pada malam hari tanaman Lidah mertua dapat mengurangi karbon dioksida (CO2). Hal ini berkat Crassulacean Acid Metabolism (CAM) yang ada di dalamnya. CAM dapat melakukan fotosintesis tertentu yang umumnya dilakukan oleh tanaman sukulen, kekeringan, dan iklim kering. 

Tanaman ini akan membuka stomata di malam hari untuk meminimalisir kehilangan air dalam kondisi panas. Untuk perawatannya, tanaman ini mudah dirawat karena tidak butuh banyak matahari, jadi, bisa dipelihara di dalam ruangan.

#3 Tanaman Palem Kuning

Tanaman pembersih udara di rumah selanjutnya adalah tanaman palem kuning. Tanaman ini memiliki ciri khas berupa daunnya yang berwarna hijau berbentuk menyirip dan rindang yang ketinggiannya dapat mencapai 3 meter . Bentuknya yang khas  itulah jadi alasan disukai banyak digemari masyarakat.  

Tanaman palem kuning juga dapat menyerap gas beracun seperti toluena, benzena, xilena, dan trikloroetilen. Dengan menanam palem kuning di dalam maupun halaman rumah akan selalu segar, sejuk,  nyaman dan bebas polusi.  

#4 Tanaman Palem Jari

Tanaman Palem Jari 1
Tanaman Palem Jari

Sama seperti tanaman palem kuning, palem jari juga dapat membersihkan udara di sekitarnya dari segala macam polusi atau gas beracun seperti ammonia, benzena, xilena, formaldehide, dan trikloretilen. Sehingga membuat udara sekitar rumah jadi sehat, bersih dan nyaman. 

Selain itu tanaman ini juga termasuk tanaman dengan akar serabut yang berguna juga untuk menahan erosi pada permukaan tanah. 

Sementara untuk perawatannya sendiri harus disiram secara rutin dua hari sekali. Namun meskipun harus disiram secara rutin, pada musim hujan jangan menyiram, secara berlebihan karena justru akan membuat akar menjadi busuk dan akhirnya mati.  Pastikan tanaman mendapat asupan air yang cukup tidak berlebihan juga tidak kekurangan untuk dapat tumbuh dengan baik. 

#5 Tanaman Sri Gading

Sri gading adalah salah satu jenis tanaman yang cukup menawan dengan daunnya yang berukuran mungil dan bercorak unik. Tanaman Srigading mempunyai perpaduan warna kuning dan hijau serta daun yang sedikit berkilau. 

Tanaman srigading juga termasuk tanaman pembersih udara yang dapat menyerap segala macam gas beracun. Tanaman ini juga sebagai pemasok oksigen pada area tinggalnya. 

Dengan asupan oksigen yang cukup, maka tubuh dan otak pun bisa lebih segar  ketika beraktivitas. Selain itu, bentuk dan warnanya yang indah dapat meningkatkan suasana hati.  

Untuk perawatannya sendiri, tanaman sri gading tergolong mudah dirawat dengan penempatan di dalam ruangan dan cukup asupan air maka ia dapat tumbuh dengan baik.  

#6 Tanaman Peace Lily

Tanaman Peace Lily bukan hanya memiliki bunga yang cantik dan sedap dipandang. Namun tanaman ini juga bermanfaat sebagai pembersih udara di rumah.  

Selain itu Lily juga dapat menghilangkan jamur dalam ruangan sehingga mengurangi resiko terkena asma, sakit kepala, bahkan penyakit kanker yang disebabkan karena racun di udara. 

Tentunya kita tahu udara di dalam rumah belum tentu bersih dan bebas dari polutan, atau bahan-bahan berbahaya yang berasal dari cat dinding, pernis, dan sebagainya. 

Nah, dengan meletakan tanaman peace lily di dalam ruangan akan menyerap uap atau gas-gas tersebut serta mengendalikannya di dalam ruangan. Jadi, Kamu pun bisa hidup lebih sehat tanpa takut menghirup gas-gas beracun dalam ruangan rumahmu. 

#7 Tanaman Lemon Button Fern

Tanaman Lemon Button Fern
Tanaman Lemon Button Fern

Lemon Button Fern adalah salah satu tanaman dalam golongan keluarga pakis yang bisa membersihkan udara di dalam ruangan. Bukan hanya sebagai penghias ruangan, namun tanaman ini juga mampu menjaga kelembaban ruangan serta menyerap gas-gas beracun yang tidak baik bila terhirup manusia. 

Tanaman Lemon Button Fern mampu menghilangkan polutan seperti xylene, toluene dan formaldehyde. Polusi-polusi inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala, asma bahkan sel kanker.

#8 Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya pastinya tak asing lagi bagi masyarakat, bahkan orang-orang yang tak suka tanaman pun pastinya mengenal tanaman kaya manfaat ini. 

Lidah buaya dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Tapi, ternyata tak hanya itu lidah buaya juga bermanfaat membersihkan udara di sehingga membuat ruangan segar, bersih dan nyaman. 

Perawatan lidah buaya sangat mudah, tanaman ini tidak harus disiram tiap hari karena memiliki kelembaban yang tinggi.

#9 Tanaman Dragon Tree

Tanaman Dragon Tree
Tanaman Dragon Tree

Tanaman Dragon Tree yang punya nama lain Dracaena Marginata ini juga termasuk tanaman pembersih udara. Tanaman yang memiliki ciri daun dengan warna hijau dan merah serta bertekstur tipis ini banyak digunakan sebagai penghias ruangan. 

Perawatan tanaman Dragon Tree cukup dengan menyiramnya sekali sehari saja. Letakan tanaman hias ini di sudut ruangan untuk mempercantik dan membersihkan udara di sekitarnya. 

#10 Tanaman Pakis Boston

Tanaman pembersih udara selanjutnya adalah tanaman pakis boston. Tanaman yang satu merupakan tanaman favorit pecinta tanaman hias dan banyak dijumpai di rumah-rumah masyarakat Indonesia. 

Tanaman yang memiliki daun kecil-kecil ini mampu membersihkan udara dari gas-gas beracun seperti xylene dan formaldehide. Untuk perawatannya, tanam dalam pot dan siram secukupnya.

Nah, itulah 10 tanaman pembersih udara di rumah yang dapat menyerap gas-gas beracun dikumpulkan oleh tim Oke.or.id dari berbagai sumber. Dengan adanya tanaman tersebut pastinya akan membuat rumah lebih segar, sejuk, bersih dan nyaman dengan udara yang bersih.

Leave a Comment