Ini 7 Tanaman Darat Untuk Aquascape yang Dapat Mempercantik Aquarium

Aquascape merupakan seni untuk memperindah aquarium dengan menggunakan batu karang, tanaman dan sebagainya. Untuk jenis tanaman biasanya yang digunakan adalah jenis tanaman air. Namun, ternyata tanaman darat juga bisa lho dijadikan aquascape. Lantas, tanaman darat untuk aquascape apa saja yang bisa digunakan? Simak ulasannya di bawah ini.

Tanaman Darat Untuk Aquascape

Screenshot 33
Tanaman darat aquascape

Berikut rekomendasi tanaman darat untuk aquascape 

#1 Tanaman Anggrek

Tanaman darat yang bisa digunakan untuk aquascape salah satunya adalah tanaman anggrek. Tanaman ini memiliki keharuman semerbak dengan warna bunga yang cantik. Tak heran tanaman ini juga dapat mempercantik aquarium kamu. 

Tanaman anggrek biasanya tumbuh di daerah tropis, karena itulah di Indonesia banyak dijumpai tanaman ini.  Tanaman anggrek juga memiliki banyak kandungan air dengan bentuk fisik yang tebal pada bagian batangnya. 

Screenshot 20
Tanaman anggrek

#2 Tanaman Lavender

Tanaman darat untuk aquascape berikutnya adalah tanaman lavender.  Tanaman ini punya ciri khas pada bagian bunganya yang berwarna ungu, dan batang daun berwarna hijau. Perpaduan kedua warna ini akan membuat tampilan aquarium makin cantik.  

Tanaman lavender biasanya terdapat di dataran tinggi atau pegunungan, banyak juga masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai hiasan dalam rumah. Sementara itu untuk aquascape tanaman ini akan memberikan efek ombak dengan daunnya yang memanjang.

#3 Tanaman Pakis Lidah

Screenshot 22
Tanaman pakis lidah

Tanaman pakis lidah adalah salah satu tanaman darat yang bisa dijadikan aquascape. Tanaman ini punya ciri khas dengan bunganya yang berbentuk seperti sebilah pedang yang runcing dengan bagian daun menggelambir saat diletakkan di aquascape. 

Warna bunganya yang hijau memberikan efek segar ditambah dengan berbagai ikan hias yang makin menambah keindahan aquascape pastinya.

Tanaman ini cukup populer di kalangan pecinta aquascape. Tanaman pakis lidah juga mudah ditemui karena memang memiliki populasi yang melimpah.

#4 Tanaman Lily

Tanaman darat lainnya yang bisa digunakan untuk aquascape adalah tanaman lily. Tanaman berwarna hijau ini sangat cocok dijadikan aquascape karena akan memberikan efek kesegaran dan keindahan dengan menambah batangan kayu untuk memberikan kesan lebih alami. 

Tanaman lily banyak ditemukan di toko-toko bunga. Kamu bisa membelinya dan buatlah aquascape di rumahmu layaknya pemandangan bawah laut yang indah alami.

#5 Tanaman Ludwigia Repens

Screenshot 23
Tanaman ludwigia repens

Tanaman darat ludwigia repens termasuk tanaman yang paling terkenal bagi para penghobi aquascape. Tanaman ini berasal dari Florida, Amerika Serikat. Tanaman darat ludwigia Repens punya ciri khas dari bunganya yang berwarna  merah berbentuk unik, sehingga mudah dibedakan dengan jenis bunga lainnya.  

Ciri lainnya adalah daunnya yang tersusun berlawanan pada bagian batangnya dengan panjang sekitar 4 hingga 5 cm. Saat diletakan dalam air, ludwigia repens akan memperlihatkan akar sekunder pada bagian ruasnya.

#6 Tanaman Rumput Teki

Tanaman rumput teki adalah jenis tanaman yang mudah tumbuh di darat, bahkan pertumbuhannya sangat cepat dan lebat sehingga kadang membuat orang harus merapikannya. Tanaman ini juga bisa tumbuh dan beradaptasi di air.

Tanaman rumput teki memiliki ciri warna hijau yang tampak indah, sehingga cocok bila ditempatkan untuk aquascape. Kamu bisa gunakan pot khusus  perlengkapan aquascape, agar tampak lebih rapi dan indah. 

#7 Tanaman Begonia

Screenshot 24
Tanaman begonia

Tanaman darat untuk aquascape berikutnya adalah tanaman begonia. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik, dengan warna yang indah dan menyala, tentunya sangat cocok dijadikan aquascape. 

Walaupun memang bunga ini lebih banyak ditanam di pekarangan sebagai hiasan taman. Namun bisa juga ditempatkan di aquascape, apalagi dengan keindahannya tersebut pastinya akan membuat aquascape kamu lebih natural.  

Nah, itulah tadi 7 tanaman darat rekomendasi tim OKE.or.id untuk aquascape yang akan membuat tampilan aquarium kamu makin cantik seperti pemandangan bawah laut sebenarnya. 

Leave a Comment