Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Cara Mudah Pemuliaan Tanaman

Menanam, merawat, membudidayakan serta memanen tanaman adalah hal yang biasa kita dengar. Kegiatan-kegiatan tersebut biasa dilakukan para pecinta tanaman sebagai koleksi atau pebisnis tanaman. Namun, tahukah kamu dengan pemuliaan tanaman, apa artinya dan bagaimana cara mudah pemuliaan tanaman?

Tidak semua orang mungkin mengetahui apa pengertian pemuliaan tanaman. Karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, tujuan, manfaat hingga cara melakukan pemuliaan tanaman. 

Pengertian Pemuliaan Tanaman

Pemuliaan Tanaman
Pemuliaan Tanaman

Pemuliaan tanaman adalah suatu metode sistematik untuk merakit keragaman genetik tanaman dalam suatu bentuk yang lebih banyak  manfaatnya bagi kehidupan manusia. 

Jadi, dapat disimpulkan pemuliaan tanaman merupakan suatu proses rekayasa genetika untuk menghasilkan karakter-karakter tanaman yang lebih baik dan unggul. Karakter tersebut nantinya bisa diturunkan pada tanaman selanjutnya. Pemuliaan tanaman sangat penting untuk meningkatkan produktivitas tanaman yang sehat dan unggul. 

Tujuan Pemuliaan Tanaman 

Pemuliaan tanaman memiliki dua tujuan yaitu pertama untuk mendapatkan peningkatan dengan hasil yang lebih tinggi atau lebih banyak.  Peningkatan hasil biasanya diarahkan pada seberapa banyaknya, cepat panen, ketahanan terhadap kondisi alam yang tidak baik bagi lahan pertanian, dan adanya kesesuaian terhadap kemajuan teknologi pertanian.  

Meningkatnya hasil panen akan menjamin terjaganya persediaan bahan mentah untuk diolah selanjutnya.  Ketahanan terhadap kondisi alam yang tidak baik atau sebagai pengganggu dalam pertumbuhan tanaman akan membantu petani terhindar dari  kerugian besar yang disebabkan adanya serangan penyakit, hama dan bencana alam. Tanaman yang berumur pendek akan memakan banyak penggunaan lahan tanam.

Tujuan kedua dari pemuliaan tanaman adalah untuk memperbaiki kualitas tanaman yang dihasilkan. Upaya perbaikan ini mengarah pada perbaikan warna, kandungan, ukuran, menghilangkan karakter yang buruk (dengan menambahkan atau menghilangkan kandungan tertentu), ketahanan tanaman, keindahan dan keunikannya. 

Munculnya  perkembangan bioteknologi pada akhir abad ke-20 membantu pemuliaan tanaman yang menghasilkan bahan pangan yang mengandung gizi tambahan atau bahan pengobatan tertentu.

Manfaat Pemuliaan Tanaman

Contoh Hasil Pemuliaan Tanaman
Contoh Hasil Pemuliaan Tanaman

Seperti yang telah dibahas diatas bahwa pemuliaan tanaman tujuannya meningkatkan hasil atau produktivitas tanaman yang lebih berkualitas, sehat dan unggul, ini berarti berdampak baik buat tanaman. Berikut beberapa manfaat pemuliaan tanaman:

  1. Meningkatkan produktivitas  panen secara kuantitas
  2. Menghasilkan tanaman berkualitas yang memenuhi standar mutu
  3. Menciptakan  jenis tanaman yang tahan oleh hama atau penyakit
  4. Memperbaiki tanaman sehingga bisa tumbuh dan beradaptasi  dengan baik di lingkungan baru.

Tahapan Pemuliaan Tanaman

Sebelum melakukan pemuliaan tanaman maka tahap awal adalah mengoleksi bahan dasar untuk pemuliaan, yaitu plasma nutfah. Plasma nutfah menyimpan bermacam karakter yang dimiliki tiap koleksi, tanpa adanya bermacam karakter maka perbaikan karakter dari tanaman itu tidak bisa dilakukan.

Tahapan selanjutnya adalah mengidentifikasi atau mengkarakterisasi kemudian menginduksi keragaman karakter tersebut. Selanjutnya tahap seleksi dan pengujian lalu evaluasi. Tahap akhir adalah pelepasan, distribusi, serta komersialisasi varietas dari tanaman.

Cara Mudah Pemuliaan Tanaman

Cara Cara Pemuliaan Tanaman
Cara Cara Pemuliaan Tanaman

Berikut beberapa cara pemuliaan tanaman

#1 Persilangan 

Cara pertama pemuliaan tanaman bisa dilakukan dengan gamet yang masing-masing berbeda karakter untuk menghasilkan varietas yang baru. Misalnya pada tanaman apel, cara seperti ini akan menghasilkan buah apel dengan tekstur yang lebih baik serta rasa yang lebih enak. 

#2 Poliploidi

Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan menggandakan jumlah kromosom yang akan mempengaruhi kesuburan dari tanaman itu sendiri. Misalnya pada tanaman semangka cara ini akan menghasilkan buah semangka tanpa biji. 

#3 Mutagenesis

Cara pemuliaan lainnya adalah dengan menggunakan radiasi sebagai mutagen yang tujuannya untuk menginduksi mutasi secara acak dan menghasilkan karakter tanaman yang diinginkan. Misalnya pada tanaman jeruk Bali cara ini akan menghasilkan buah dengan warna yang lebih tajam. 

#4 Fusi Protoplas 

Fusi protoplas adalah cara pemuliaan tanaman dengan menggabungkan protoplas yang berasal dari sel tanaman yang berbeda jenis. Misalnya  menggabungkan protoplas dari tanaman kol ungu dan lobak yang menghasilkan tanaman hibrida.

#5 Transgenik

Cara pemuliaan tanaman dengan metode Transgenik adalah dengan menambahkan gen dari jenis tanaman lain untuk menghasilkan varietas dengan karakter baru. Misalnya, pohon pepaya yang dimodifikasi secara genetik yang mampu bertahan terhadap serangan virus Papaya Ringspot.

#6 Edit Genom 

Cara pemuliaan tanaman berikutnya adalah dengan edit genom, yaitu menggunakan enzim untuk mengubah DNA secara langsung dalam sel. Misalnya pada tanaman Canola yang dimodifikasi akan bisa bertahan terhadap herbisida.

Kendala yang Biasanya Muncul dalam Pemuliaan Tanaman

Meskipun pemuliaan tanaman bisa dilakukan dengan cara mudah, namun bukan berarti tanpa menimbulkan kendala. Pemuliaan tanaman di Indonesia bisa saja mengalami kendala. Kendala tersebut seperti:

  1. Kurangnya sumber daya manusia hal ini karena hanya sedikit saja sumber daya manusia yang paham atau berkompeten dalam bidang pemuliaan tanaman.
  2. Terbatasnya peralatan. Dalam melakukan pemuliaan tanaman membutuhkan banyak tahapan maka dibutuhkan juga peralatan yang banyak. Namun, sayangnya di negara Indonesia ini belum punya banyak alat yang dibutuhkan untuk pemuliaan tanaman.
  3. Anggaran terbatas, dengan dibutuhkan alat yang banyak guna memenuhi proses pemuliaan tanaman maka dibutuhkan juga anggaran yang cukup banyak. Namun yang terjadi saat ini, anggaran yang dikeluarkan tidak seimbang dan bisa dikatakan terbatas. 
  4. Minimnya akses pustaka
  5. Pemuliaan molekuler yang terbatas
  6. Kurangnya sosialisasi. Kurangnya sosialisasi dalam hal pemuliaan tanaman juga jadi salah satu kendala melakukannya. Padahal dalam UU No. 20 tahun 2000 perlu adanya peningkatan sosialisasi mengenai PVT (Pemuliaan Varietas Tanaman). Akibat kurangnya sosialisasi membuat minimnya pengetahuan Hak Perlindungan Varietas Tanaman yang kerap menimbulkan konflik antara perusahaan benih dengan masyarakat.

Nah, itulah informasi seputar cara mudah pemuliaan tanaman dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pemuliaan tanaman dari tim Oke.or.id. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment