Begini Cara Membuat Gula Merah dari Pohon Aren dalam Skala Rumahan

Gula merah adalah pemanis alami yang terbuat dari air nira yang berasal dari pohon aren. Nira yang didapat adalah hasil penyadapan tandan bunga jantan pohon aren. Lantas, bagaimana proses penyadapan dan cara membuat gula merah dari pohon aren tersebut? Simak uraiannya dari Oke.or.id di bawah ini.

Proses Penyadapan Air Nira dari Pohon Aren

Cara Membuat Gula Merah Dari Pohon Aren
Cara Membuat Gula Merah Dari Pohon Aren

Proses penyadapan air nira dari pohon aren ini dimulai dengan pemukulan atau pengetokan pada tangkai tandan bunga. Pemukulan dilakukan dari pangkal pohon ke arah tandan bunga. Proses ini dilakukan selama satu bulan hingga bunga berguguran. 

Pada minggu pertama dua kali pemukulan dalam seminggu. Lalu pada minggu kedua hingga keempat lakukan seminggu sekali. Setelah satu bulan atau lebih bunga berguguran pemukulan tetap dilanjutkan untuk melemaskan jalur keluarnya air nira agar menghasilkan nira yang banyak dan deras.  

Setiap selesai melakukan pengetokan ayunkan tandan agar pemukulan bisa merata adapun proses pemukulan dilakukan selama 30 menit. 

Proses Penyadapan Air Nira Dari Pohon Aren
Proses Penyadapan Air Nira Dari Pohon Aren

Setelah pohon aren mengeluarkan aroma harum yang berasal dari bunga jantan yang tumbuh berdampingan dengan tanda betina, maka itu artinya pohon tersebut sudah siap dilakukan penyadapan untuk mengambil air niranya.  

Selanjutnya untuk mengambil air niranya, lakukan penyadapan dua kali sehari pada pagi dan sore hari pada pohon aren tersebut. Biasanya air nira yang dikeluarkan pada pagi hari akan lebih banyak daripada nira yang didapat pada sore hari.  

Adapun hasil air nira itu sendiri tergantung dari kesuburan tanah serta perawatannya. Misalnya dalam satu hari air nira yang dihasilkan sepuluh liter dari satu pohon, maka untuk pagi harinya bisa menghasilkan tujuh liter nira, sedangkan sore harinya menghasilkan tiga liter.

Perlu diperhatikan bahwa air nira ini mudah sekali menjadi masam, hal ini karena kandungan zat gula yang mudah terfermentasi bakteri. Namun hal ini bisa disiasati dengan menggunakan satu kilo kayu nangka yang sudah diiris-iris tipis seperti kripik lalu direndam dalam air satu liter dan masak hingga kecoklatan.

Cara Membuat Gula Merah dari Pohon Aren

Proses Pembuatan Gula Merah Dari Air Nira
Proses Pembuatan Gula Merah Dari Pohon Aren

Setelah air nira terkumpul maka selanjutnya barulah dibuat gula merah, adapun cara membuat gula merah seperti berikut.

  1. Langkah 1: Nira yang sudah terkumpul dituang dalam wadah lalu disaring dengan menggunakan kasa kawat yang terbuat dari tembaga, kemudian  letakkan di atas tungku perapian untuk direbus.
  2. Langkah 2: Proses perebusan dilakukan selama 1 hingga 3 jam, tergantung dari banyaknya nira. Rebus sambil diaduk-aduk terus hingga mendidih. 
  3. Langkah 3: Buang buih-buih yang muncul di permukaan saat mendidih supaya  gula merah yang dihasilkan tidak kering, berwarna terlalu gelap, dan tahan lama.
  4. Langkah 4: Saat nira sudah mengental, angkat dan diamkan selama 8 hingga 10 menit.
  5. Langkah 5: Tuang nira ke dalam cetakan berupa tempurung kelapa atau pada potongan bambu dengan  berdiameter 8 cm dan tebal 5 cm.
  6. Langkah 6: Penuangan nira dalam cetakan dilakukan berurutan dua kali dengan perbandingan 30% dan 70% pada masing-masing penuangan pertama dan kedua. Fungsinya agar gula merah nantinya tidak mudah pecah saat sudah dingin.
  7. Langkah 7: Sebelum cairan nira dituangkan dalam wadah cetakan, celupkan terlebih dahulu alat cetakan pada air, hal ini agar pendinginan berjalan cepat dan gula merah yang sudah jadi mudah dikeluarkan dari cetakannya.
  8. Langkah 8: Setelah gula merah dikeluarkan, kemudian dinginkan
  9. Langkah 9: Usahakan olahan gula merah terhindar dari benturan dan jangan sampai terkena air untuk menjaga kualitasnya. Sepuluh liter air nira yang segar bisa menghasilkan kurang lebih 1,5 kg gula merah.
  10. Langkah 10: Gula merah yang sudah dingin siap dikemas dan dipasarkan.
Proses Pencetakan Gula Merah
Proses Pencetakan Gula Merah

Manfaat Gula Merah Aren yang Jarang Diketahui

Gula merah biasanya digunakan sebagai pemanis alami pada makanan atau minuman, seperti minuman kekinian boba, kopi susu dan sebagainya. Tapi tahukah kamu gula merah ternyata  memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu:

#1 Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat pertama dari gula merah adalah untuk meningkatkan daya ingat. Pastinya kamu setuju, bukan hanya lansia saja yang mengalami kepikunan, namun remaja atau usia dewasa juga banyak yang mengalami pikun. 

Gula aren bisa membantu meningkatkan daya ingat dengan cara dikonsumsi bersama dengan susu hangat sebelum tidur. Bila dikonsumsi secara rutin, cara ini akan membuat kamu lebih rileks dan meningkatkan daya ingat. 

#2 Melancarkan Pencernaan

Manfaat Gula Merah Melancarkan Pencernaan
Manfaat Gula Merah Melancarkan Pencernaan

Gula aren mengandung serat inulin yang berguna dalam melancarkan pencernaan serta mengontrol bakteri pada usus. Caranya dengan mencampurkan gula aren pada segelas teh herbal. 

#3 Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang dapat memicu komplikasi serius, seperti penyakit jantung, ginjal, dan stroke. Oleh sebab itu penderita hipertensi harus bisa mengontrol tekanan darah, salah satunya dengan konsumsi gula aren.

Gula aren diketahui mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi serta mengontrolnya agar tetap stabil. Namun, meskipun demikian tidak dianjurkan untuk mendapatkan asupan kalium sepenuhnya dari gula aren, penderita hipertensi harus mengimbanginya dengan makanan bergizi lainnya. Konsumsi gula aren yang berlebihan bisa membuat obesitas dan kerusakan gigi. 

#4 Mengatasi Demam dan Menghangatkan Tubuh

Manfaat berikutnya dari gula merah aren adalah meredakan demam serta menetralkan suhu tubuh. Gula aren juga bisa dijadikan alternatif untuk menghangatkan tubuh disaat musim dingin, caranya dengan mencampurkan gula aren pada minuman hangat. Gula aren juga biasanya menjadi bahan pembuatan wedang jahe dan minuman penghangat lainnya. 

#5 Mengatasi Anemia

Gula aren tinggi kandungan zat besi, karena itu manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah mencegah dan mengatasi anemia. Gula aren juga mengandung vitamin B yang sangat dibutuhkan tubuh. Konsumsi gula aren bagi penderita anemia akan meningkatkan hemoglobin dalam darah serta meregenerasi aliran darah. 

#6 Menjaga Kadar Gula Dalam Darah

Manfaat lainnya dari gula aren bagi kesehatan adalah menjaga kadar gula dalam darah. Bila dibandingkan dengan jenis gula lainnya maka gula aren ini yang paling rendah kandungan glikemiknya. Dan ini artinya kadar gula dalam gula tidak akan cepat meningkat saat mengkonsumsinya. Hal ini tentu saja kabar baik bagi penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula tetap stabil. 

#7 Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Batu ginjal adalah berbagai jenis batu yang terbentuk dari kalsium yang mengendap dalam ginjal. Suatu studi menyatakan bahwa kekurangan kalium bisa meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kalium bisa dengan konsumsi gula aren, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya endapan kalsium dalam ginjal. 

Adapun jumlah asupan kalium orang dewasa adalah 3.500-4.700 mg per hari, kamu bisa dapatkan asupan kalium ini lewat gula aren. Namun ingat, tetap tidak disarankan untuk mendapatkan kalium sepenuhnya dari gula aren. Kamu bisa tambahkan dengan jenis makanan lainnya yang juga bisa meningkatkan kalium

Nah, begitulah cara membuat gula merah dari pohon aren dan juga manfaat konsumsi gula aren bagi kesehatan. Semoga bermanfaat

Leave a Comment