14 Contoh Tanaman yang Cepat Menghasilkan Uang

Tanaman bukan hanya berguna sebagai hiasan, tapi juga memiliki manfaat bagi manusia. Banyak jenis tanaman yang bisa diambil dan dikonsumsi manusia. Ada pula tanaman yang menghasilkan uang. Berikut contoh tanaman yang cepat menghasilkan uang yang paling laku dijual di pasaran.

Contoh Tanaman yang Cepat Menghasilkan Uang

Inilah beberapa contoh tanaman yang cepat menghasilkan uang yang paling laku di pasaran.

#1 Tanaman Cabai

Screenshot 27 1
Tanaman cabai

Cabai adalah bahan dasar dari sambal, sementara orang Indonesia di kenal tak bisa makan tanpa sambal. Hal ini tentu saja cabai jadi kebutuhan pokok dimanapun, buat dirumah, di restoran, rumah makan dan dimanapun. Karena itulah cabai jadi nomor satu tanaman yang cepat menghasilkan uang. Karena saat panen, cabai bisa langsung dijual di pasar dan pastinya laku keras. 

#2 Tanaman Tomat

Tomat termasuk salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat, lantaran memang mengandung banyak vitamin yang baik buat tubuh. Tomat juga termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan, untuk pertumbuhannya pun tidak memakan waktu yang lama. 

Tomat bukan hanya baik dikonsumsi untuk kesehatan tapi juga tanaman yang sangat cepat menghasilkan uang.

#3 Tanaman Bawang Merah dan Putih

Screenshot 34
Tanaman bawang

Sama dengan cabai, bawang putih dan bawang merah juga jadi kebutuhan pokok yang banyak diburu masyarakat. Setiap masakan pasti membutuhkan kedua bahan ini sebagai bumbunya. Oleh sebab itu membudidayakan tanaman bawang merah dan putih juga bisa menghasilkan uang dengan cepat. Karena bawang merah dan putih memiliki jumlah permintaan yang tinggi dipasaran.

Proses pertumbuhannya juga terbilang cepat serta harga nya pun cukup stabil di pasaran. Hal ini tentu saja membuat tanaman bawang merah dan putih sangat menguntungkan dibudidayakan.

#4 Tanaman Rempah

Rempah-rempah pasti dibutuhkan dalam masakan dan juga bisa sebagai obat tradisional. Rempah-rempah termasuk tanaman yang tinggi peminatnya di pasaran. Karena masyarakat tak bisa lepas dari kesediaan rempah-rempah di rumahnya. 

Membudidayakan tanaman rempah-rempah bisa jadi cara cerdas untuk cepat kaya. 

#5 Tanaman Sayur Organik

Screenshot 35
Tanaman bayam

Tanaman organik seperti kangkung, bayam, dan sebagainya juga termasuk tanaman yang cepat menghasilkan uang. Karena pertumbuhan tanaman ini juga cukup cepat, sehingga membudidayakan sayuran organik pun bisa jadi cara cerdas untuk bisa cepat kaya.  Apalagi sekarang masyarakat banyak yang konsumsi sayuran organik karena dianggap lebih menyehatkan. 

#6 Tanaman Kedelai

Kedelai adalah bahan baku pembuat tempe, tahu dan bisa juga diolah menjadi susu ataupun makanan lainnya. Karena manfaatnya itulah kedelai termasuk tinggi permintaannya di pasaran. Membudidayakan kedelai bisa jadi cara efektif menghasilkan uang dengan cepat. 

Cara menanamnya terbilang mudah, hanya butuh tempat kecil untuk menanam biji kedelai tumbuh menjadi pohon kecil berakar serabut yang selanjutnya berbuah menjadi kedelai dalam jumlah banyak. Nah setelah berbuah Anda bisa memanen bijinya. Biji-biji kedelai inilah yang nantinya akan diolah menjadi berbagai bahan makanan.

#7 Buah Naga

Screenshot 36
Tanaman buah naga

Buah naga mulai populer di tahun 2000 an di Indonesia. Awalnya  tanaman ini diperkenalkan bangsa Perancis ke Vietnam sebagai tanaman hias. Namun karena dirasa buahnya ternyata enak dan manis, kelamaan masyarakat mengkonsumsinya sebagai makanan, dan banyak diminati masyarakat. Dan akhirnya hingga kini banyak petani yang membudidayakannya.  

Buah naga juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti untuk menguatkan fungsi ginjal, menghaluskan kulit hingga dijadikan bahan campuran masker. Cara menanam buah naga sangat mudah. karena tanaman ini juga tak perlu lahan yang luas, Anda cukup menanamnya dalam pot kecil. 

#8 Tanaman Kangkung

Kangkung juga termasuk tanaman yang cepat menghasilkan uang. Kangkung bisa diolah menjadi aneka masakan yang nikmat. Sayuran yang mengandung zat besi ini juga tergolong mudah dan cepat menghasilkan uang. 

Kangkung bisa tumbuh di segala musim, dengan waktu 3 minggu setelah penanaman biji. Kangkung juga bisa ditanam dilahan yang kecil dengan cara hidroponik. 

#9 Tanaman Wortel Bayi

Screenshot 37
Tanaman wortel bayi

Wortel adalah jenis tanaman yang cepat tumbuh, hanya dalam waktu 30 hari sudah dapat memanennya. Untuk menanamnya pun cukup mudah, hanya dengan menempatkan wortel bayi dalam pot atau bisa juga langsung ke tanah. Siram dalam 2 atau 3 hari sekali, dan 30 hari kemudian Anda sudah bisa memanennya. 

Wortel mengandung vitamin A dan nutrisi penting lainnya yang baik buat tubuh. Jenis sayuran ini juga tergolong tinggi peminatnya di pasaran. Karena itu, membudidayakan tanaman wortel bayi bisa jadi cara cepat menghasilkan uang. 

#10 Tanaman Timun

Timun termasuk jenis tanaman yang cepat menghasilkan uang. Timun sendiri cukup laku di pasaran, jenis sayuran ini bisa dikonsumsi langsung atau sebagai campuran acar, gado-gado, karedok atau juga sebagai topping masakan seperti nasi goreng, ayam bakar dan sebagainya. Bagi masyarakat Sunda, biasa konsumsi timun sebagai lalapan. 

Tanaman mentimun juga termasuk mudah dibudidayakan pada musim apapun, waktu panennya juga cukup cepat hanya 3-4 minggu saja. 

#11 Tanaman Sawi

Sawi atau dikenal juga dengan caisim adalah jenis sayuran yang juga termasuk laku di pasar. Sayuran ini bisa diolah menjadi aneka masakan seperti capcay, sebagai campuran nasi goreng, mie ayam, bakso, dan sebagainya. 

Cara membudidayakan tanaman sawi ini cukup mudah. Yang terpenting adalah terpenuhi asupan airnya, maka pertumbuhannya akan cepat, sehingga cepat pula panennya.  

#12 Tanaman Paprika

Screenshot 38
Tanaman paprika

Paprika memang tidak sepopuler cabe, tapi jenis sayuran yang satu ini juga tergolong banyak peminatnya sehingga cukup laku di pasaran. Paprika banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan  

Paprika memiliki harga jual yang tinggi di pasaran karena itu jenis sayuran ini banyak dikonsumsi kalangan menengah keatas. Membudidayakan tanaman paprika termasuk mudah, yang harus diperhatikan adalah jangan sampai terkena air hujan karena bisa menghambat pertumbuhannya. 

#13 Tanaman Kacang Panjang

Tanaman yang cepat menghasilkan uang selanjutnya adalah tanaman kacang panjang. Kacang panjang cukup laris di pasaran, karena jenis sayuran hijau ini banyak dibutuhkan sebagai campuran sayur atau masakan lainnya. 

Tanaman ini juga bisa ditanam di mana saja dengan menggunakan segala jenis tanah. Yang penting asupan air yang tercukupi selama masa tanam tersebut. 

Sementara itu proses panennya juga tergolong sangat cepat bila dirawat dengan benar.  Hanya beberapa minggu saja tanaman kacang panjang sudah bisa dipanen. 

#14 Buah Pisang

Tanaman atau pohon pisang menghasilkan buah pisang yang banyak diminati masyarakat. Buah pisang memiliki banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh. Membudidayakan pisang juga bisa jadi cara cepat menghasilkan uang.

Tanaman bertunas ini mudah tumbuh, dan bisa di tanam di mana saja termasuk di lahan sekitar rumah. Pisang memiliki harga jual yang cukup tinggi, karena rasanya yang enak. Pisang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak dan populer di masyarakat.

Nah, itulah 14 tanaman yang cepat menghasilkan uang dan laku di pasaran rekomendasi tim OKE.or.id. Dengan membudidayakan tanaman tersebut bisa jadi cara efektif

Leave a Comment