9 Ciri ciri Tanaman Tomat dari Akar Hingga Lahan Pertumbuhannya

Semua orang pastinya mengenal buah tomat dengan bentuk oval berwarna merah. Tomat bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus sebagai minuman, bisa juga sebagai campuran berbagai masakan. Tapi tahukah kamu ciri ciri tanaman tomat yang menghasilkan buah kaya vitamin C ini?

Ciri ciri Tanaman Tomat

Screenshot 6
Tanaman tomat

Adapun ciri-ciri tanaman tomat bisa dilihat dari bagian-bagiannya, yaitu:

#1 Akar

Tanaman tomat memiliki akar tunggang yang tumbuh di dalam tanah dan akar serabut yang tumbuh ke samping. Biasanya tanaman dengan akar seperti ini akan tumbuh subur pada tanah yang gembur. 

#2 Batang

Ciri ciri tanaman tomat lainnya bisa dilihat dari batangnya yang berbentuk segi empat dengan tekstur yang lunak tapi kuat. Terdapat pula rambut halus pada sekeliling batangnya yang jadi ciri tanaman ini. 

#3 Daun

Screenshot 8
Daun tomat

Pada bagian daun tanaman tomat memiliki ciri-ciri berwarna hijau dengan bentuk oval dan bergerigi pada bagian tepinya. Daun tanaman tomat memiliki ukuran 15×30 atau 10×25, dengan panjang tangkai 3 hingga 6 cm. 

daun tomat termasuk daun majemuk dengan jumlah ganjil 5 sampai 7. Daun ini bisa tumbuh spiral dan memutar mengelilingi batang tanamannya. 

#4 Bunga

Bunga tanaman tomat memiliki ciri dengan warna kuning cerah pada bagian mahkotanya. Jumlah mahkota yaitu 6 buah dengan ukuran kurang dari 1 cm. Jumlah kelopaknya 5 dengan warna hijau dan terletak pada bagian pangkal bunga. Sedangkan jumlah benang sari dan kepala putik 6 buah.

Bunga tanaman tomat ini termasuk bunga sempurna, karena memiliki benang sari dan kepala putik yang sama pada satu bunga. 

#5 Buah

Screenshot 5
Buah tomat

Buah tomat memiliki bentuk yang bervariasi mulai dari bentuk oval dan bulat yang banyak dikenal orang. Ada juga bentuk buah tomat yang agak lonjong, agak bulat hingga bulat persegi. Sedangkan untuk ukurannya, tomat paling kecil berukuran 8 gram dan paling besar ukuran 180 gram. 

#6 Biji

Biji tomat memiliki ciri khas dengan bentuk pipih, berwarna putih, coklat, coklat muda, atau putih kekuningan. Biji tomat juga berbulu sebagai cirinya. Memiliki panjang 3 hingga 5 mm serta lebar 2 hingga 4 mm.  Jumlah biji pada satu buah tomat rata-rata 200 biji. Biji-biji tersebut bisa dikembangbiakan dengan cara menanamnya dan akan tumbuh setelah 5 hingga 10 hari. 

#7 Perkembangbiakan

Screenshot 10
Perkembangbiakan tanaman tomat

Selain dengan menanam bijinya, perkembangbiakan tanaman tomat juga bisa dilakukan dengan cara men-stek batangnya yang sudah tua. 

#8 Hama dan Penyakit

Hama yang biasa menyerang tanaman tomat ini adalah lalat buah (Dacus durcalis), ulat buah (Hiliothis armigera), kutu putih (Pseu dococus. sp) dan nematoda  (Helodogyama. sp). Sementara itu penyakit yang kerap menyerang tanaman ini adalah busuk buahnya, busuk ujung buahnya, layu karena bakteri hingga layu fusarium. 

#9 Lahan Tumbuh

Setiap tanaman memiliki lahan khusus untuk bisa tumbuh dengan baik. Begitu pun dengan tanaman tomat. Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah, dataran tinggi dan dataran medium. Lahan tumbuh tanaman tomat mempengaruhi hasil buahnya.

Tanaman tomat idealnya dapat tumbuh di lahan dengan suhu 24 derajat celcius sampai 28 derajat celcius. Pada suhu ini biasanya tanaman tomat akan menghasilkan buah dengan warna merah merata.

Nah, itulah 9 ciri ciri tanaman tomat dari Oke.or.id dari mulai akar hingga lahan pertumbuhannya untuk menghasilkan buah yang baik. Semoga bermanfaat.

Pranala luar:

Leave a Comment