6 Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan Bahan Alami

Biasanya semut selalu mendekat dan menggigit makanan yang manis-manis. Tapi, bukan hanya makanan yang jadi sasaran semut, ternyata tanaman pun bisa jadi sasarannya. Tanaman yang kerap kali digerogoti semut akan menjadi rusak, hingga tak tampak lagi keindahannya.  Tapi tenang, ada beberapa cara mengusir semut dari tanaman yang bisa Anda terapkan, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami yang pastinya aman untuk tanaman itu sendiri. 

Screenshot 1
Cara mengusir semut dari tanaman

Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan  Bahan Alami

Berikut cara mengusir semut dari tanaman menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan

#1 Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan Sabun Cuci Piring

Cara pertama untuk usir semut pada tanaman adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Bahan-bahan yang terkandung pada sabun cuci piring tersebut membuat semut tak mau mendekat lagi. 

Screenshot 2
Sabun cuci piring

Cara menerapkannya cukup mudah, campurkan satu sendok teh cairan pencuci piring dengan satu liter air hangat, aduk hingga benar-benar merata. Masukan campuran tersebut dalam botol spray dan semprotkan pada tanaman, dijamin semut pun tak akan berani mampir lagi ke tanaman kesayanganmu. 

#2 Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga bisa jadi cara ampuh untuk mengusir semut dari tanaman. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Rebus kulit jeruk 15 menit sampai lunak, lalu haluskan dengan cara diblender dengan air rebusannya. Setelah itu masukan dalam botol spray dan semprotkan pada tanaman yang biasa digerogoti semut. Cukup mudah bukan?

#3 Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan Citrus Oil

Screenshot 4
Citrus oil

Citrus oil adalah campuran dari perasan air jeruk atau lemon dan bahan-bahan lainnya. Citrus oil bisa juga digunakan untuk mengusir semut yang kerap menggerogoti dan merusak tanaman.

Untuk membuat citrus oil sendiri cukup mudah, 3/4 gelas perasan air jeruk/lemon (bisa juga menggunakan minyak esensial jeruk yang dijual dipasaran), campur dengan satu sendok makan sabun cuci piring, satu sendok makan molase, dan 4,5 liter air, lalu aduk hingga merata.

Setelah itu masukan dalam botol spray dan semprotan pada tanaman juga sekelilingnya agar semut tidak mendekati tanaman lagi.

#4 Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan Bawang Putih

Pastinya semua orang tahu bawang putih memiliki aroma yang sangat kuat, bahkan semut pun pasti tak kuat mencium aromanya. Karena itulah kamu bisa manfaatkan bawang putih untuk mengusir semut yang sering hinggap di tanaman kesayanganmu. 

Caranya adalah dengan menumbuk bawang putih hingga halus dan tambahkan sedikit air aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pasta bawang putih pada bagian tanaman yang biasa di datangi semut. 

#5 Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan Bubuk Kopi

Screenshot 3
Bubuk kopi

Sebagian besar orang pasti suka mencium aroma kopi yang khas dan harum, namun ternyata aroma tersebut justru tidak disukai oleh semut. Nah, bila kamu memiliki tanaman yang selalu diganggu semut, bubuk kopi bisa jadi cara alami untuk mengusirnya.

Caranya dengan menaburkan bubuk kopi di sekeliling tanaman atau bisa juga menggunakan ampas kopi yang sudah diseduh. Dengan cara ini semut pun pasti enggan mendekati tanamanmu.

#6 Cara Mengusir Semut dari Tanaman dengan Campuran Madu dan Boraks

Cara mengusir semut dari tanaman selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran madu dan boraks. Namun cara ini bukan hanya mengusir semut tapi juga bisa mematikannya. Boraks adalah bahan kimia yang biasa dipakai untuk membersihkan noda pada baju atau lantai yang sulit dihilangkan. 

Cara menerapkannya cukup mudah, campurkan setengah sendok teh boraks dan setengah sendok teh madu dalam wadah, aduk hingga rata. Lalu letakkan wadah yang berisi campuran madu dan boraks tersebut di dekat tanaman yang sering didatangi semut. Cara ini akan membuat semut yang datang terjebak dalam wadah dan mati. 

Itulah 6 cara mengusir semut dari Oke.or.id menggunakan tanaman dengan bahan alami yang mudah didapatkan dan sebagian pastinya bahan tersebut selalu ada di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment