Ini 8 Jenis Tanaman Pengusir Lalat di Rumah

Bukan hanya mengganggu, kehadiran lalat di rumah juga bisa membawa penyakit. Lalat kerap mampir di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah kemudian hinggap ke makanan atau minuman, dan bila makanan tersebut kita makan akan menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Untuk  itu, meletakan jenis tanaman pengusir lalat bisa jadi cara efektif untuk mengusir lalat dalam rumah.

Jenis Tanaman Pengusir Lalat 

Berikut ini jenis tanaman pengusir lalat yang bisa kamu tanam di rumah

#1  Mint

Tanaman mint

Tanaman pengusir lalat yang pertama adalah tanaman mint. Tanaman ini punya aroma yang sangat menyengat dan segar. Karena aromanya yang menyengat itulah lalat pun tidak menyukainya. Bila di rumah terdapat tanaman ini, maka lalat pun akan enggan mendekat, rumah pun akan aman dari gangguan lalat.  Ekstrak daun mint sendiri banyak dipakai untuk sabun, pasta gigi dan sebagainya, karena aromanya yang menyegarkan. 

#2 Kucingan 

Tanaman kucingan atau yang dikenal juga dengan catnip ini meruapakan tanaman yang disukai kucing karena aromanya bisa bikin teler. Tanaman ini juga efektif untuk mengusir lalat di rumah. Tapi jauhkan tanaman ini dari kucing supaya  tidak dirusak

#3 Bunga Krisan

Image 8
Bunga krisan

Jenis tanaman pengusir lalat berikutnya adalah bunga krisan. Tanaman ini memiliki warna yang cerah dan menarik yang membuat siapapun senang melihatnya, namun justru dibenci lalat sehingga tak berani mendekat. Tanaman bunga krisan bisa ditanam di pot dan letakan dalam rumah agar lalat tak berani mampir ke rumah kamu. 

#4 Kemangi

Kemangi memiliki aroma yang harum, itulah mengapa tanaman ini juga tak disukai lalat. Tanaman kemangi bisa tumbuh hingga bertahun-tahun lamanya bila dirawat dengan  benar.  Cara merawatnya cukup dengan menyiramkan sedikit air dengan cara disemprot menggunakan botol spray.  

Agar tanaman ini dapat hidup lebih lama, kamu perlu memangkas bunganya saat mulai berkembang. Biasanya kemangi akan berbunga kecil pada akhir musim panas.

#5 Rosemary

Image 9
Tanaman rosemary

Salah satu jenis tanaman pengusir lalat selanjutnya adalah tanaman bunga rosemary. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik yang dapat dijadikan sebagai hiasan dalam ruangan. Keindahan bunga dan keharuman aroma bunga rosemary membuat lalat tak mau menghampirinya. 

#6 Lavender

Lavender memiliki aroma yang menenangkan, karena itulah ekstrak dari tanaman ini biasanya dijadikan sebagai aromatherapy. Namun aroma ini justru tak disukai oleh lalat. Bila dalam ruangan atau rumah terdapat tanaman lavender, maka lalat pun tidak mau mendekat.

Image 11
Tanaman pengusir lalat

Lavender bisa ditanam di pot dan diletakan pada sudut-sudut rumah. Selain sebagai pengusir lalat, tentunya akan menambah keindahan ruangan tersebut. 

#7 Daun Salam

Daun salam biasanya digunakan untuk memasak sebagai penambah keharuman  masakan. Tapi tanaman daun salam bisa juga jadi alternatif pengusir lalat di rumah.  Tanam daun salam di pot dan letakan di dalam rumah, maka lalat pun tak akan mengganggu. 

#8 Serai

Image 10
Tanaman serai

Serai memang dikenal sebagai pengusir serangga, salah satunya adalah lalat. Hal ini karena tanaman ini memiliki aroma yang wangi yang tidak disukai serangga.  Meletakan tanaman serai dalam wadah pot di rumah bisa jadi cara ampuh mengusir lalat. Bukan hanya lalat, bahkan nyamuk dan serangga lain pun akan kabur karena benci dengan aromanya tersebut.

Nah, itulah 8 jenis tanaman pengusir lalat yang bisa kamu tanam di rumah agar terhindar dari gangguan serangga yang dikenal jorok dan membawa penyakit ini. Semoga bermanfaat. 

Leave a Comment