6 Manfaat Tanaman Bangle Buat Kesehatan, Jarang yang Tahu

Sekilas tampilan dan manfaat bangle mirip dengan jahe, karena itulah tanaman ini juga disebut sebagai kembaran jahe. Jahe dan bangle sama-sama termasuk dalam rempah-rempah yang bisa dijadikan sebagai bumbu masakan dan juga memiliki manfaat yang baik buat kesehatan tubuh. Simak dalam artikel ini manfaat tanaman bangle, yang jarang diketahui orang.

Image 3
Tanaman bangle

Manfaat Tanaman Bangle Buat Kesehatan

Mungkin jarang yang tahu, bahwa tanaman bangle ini kaya manfaat, diantaranya: 

#1 Menghilangkan Sakit Kepala

Pusing atau sakit kepala adalah kondisi yang dapat mengganggu aktivitas seseorang. Konsumsi obat-obatan yang dijual bebas dipasaran memiliki efek samping yang justru bisa saja membahayakan kesehatan. 

Image 4
Manfaat tanaman bangle, mengobati sakit kepala

Untuk lebih amannya, kamu bisa atasi sakit kepala yang mengganggu dengan tanaman bangle. Caranya adalah dengan menghaluskan bangle dan beri sedikit air hingga menjadi krim, lalu oleskan sambil dipijat-pijat di kepala. Dengan cara ini, sakit kepala pun akan hilang. Aman dan mudah bukan?

#2 Sebagai Obat Cacing

Tanaman bangle juga ternyata bisa jadi alternatif untuk mengobati cacingan. Penyakit cacingan yang bisa menyerang siapa saja ini bisa diatasi dengan konsumsi tanaman bangle. 

Cara membuat bangle untuk mengobati cacingan cukup mudah, yaitu tumbuk bangle secukupnya bersama dengan ketumbar dan daun sirih. Tumbuk hingga halus lalu masukan dalam air dan rebus hingga mendidih, angkat dan saring kemudian minum selagi hangat. 

#3 Mengatasi Susah Buang Air Besar

Manfaat tanaman bangle berikutnya adalah mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Caranya dengan merebus parutan bangle hingga mendidih, saring dan minum saat hangat. 

Minumlah ramuan bangle tersebut secara rutin agar buang air besar kembali lancar. 

#4 Mengobati Sakit Perut

Sakit perut biasanya disebabkan karena beberapa hal, salah satunya konsumsi makanan yang tidak sehat. Kondisi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga mengganggu aktivitas. Kamu bisa obati sakit perut dengan minum ramuan tanaman bangle. 

Caranya adalah dengan mencampurkan bangle dan jahe yang sudah diparut dalam gelas lalu tambahkan perasan air jeruk nipis dan madu. Aduk semua bahan hingga rata, dan minum. Minumlah ramuan bangle yang dicampur dengan bahan-bahan tersebut secara rutin hingga sakit perut benar-benar reda. 

#5 Menurunkan Demam

Image 6
Manfaat tanaman bangle, menurunkan demam

Sama seperti jahe tanaman bangle juga memiliki rasa yang pedas dan hangat yang menyegarkan. Hal itu membuat bangle juga bermanfaat menurunkan demam. Cara memanfaatkan tanaman bangle untuk demam ini cukup mudah, campurkan rimpang bangle yang sudah diparut dengan air hangat, beri tambahan perasan air jeruk nipis, lalu minum segera untuk meredakan demam. 

#6 Sebagai Antioksidan

Manfaat tanaman bangle lainnya ialah sebagai antioksidan yang mampu melindungi  tubuh dari serangan radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Hal ini karena dalam tanaman bangle mengandung cassumunarin A, cassumunarin B dan cassumunarin C. Selain itu bangle juga dapat berperan sebagai tabir surya yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Dengan rutin konsumsi ramuan bangle yang dicampur dengan bahan-bahan pilihan seperti madu, jeruk nipis dan rempah-rempah lainnya, kamu sudah mendapatkan manfaat dari bangle yang satu ini. 

Demikianlah informasi mengenai manfaat tanaman bangle buat kesehatan yang jarang diketahui orang dirangkum oleh tim OKE.or.id. Semoga informasi ini menambah wawasan kamu ya. 

Leave a Comment