6 Budidaya Tanaman Pangan yang Mudah Untuk Anak

Tanaman pangan adalah salah satu sumber bahan makanan yang baik untuk tubuh terutama bagi anak-anak. Tanaman pangan mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan juga sumber energi. Karena baik untuk tumbuh kembang anak, sang anak pun harus diajarkan cara budidaya tanaman pangan yang mudah untuk anak. 

Budidaya Tanaman Pangan yang Mudah Untuk Anak

Screenshot 31
Budidaya tanaman pangan yang mudah untuk anak

Ada banyak jenis tanaman pangan  yang mudah dibudidayakan oleh anak-anak, seperti:

#1 Budidaya Tanaman Jagung

Tanaman jagung merupakan komoditas tertinggi nomor dua setelah tanaman padi. Bahkan di beberapa wilayah di Indonesia jagung adalah makanan pokok masyarakatnya. Jagung sendiri mengandung gizi yang juga sama baiknya dengan  beras.

Screenshot 25
Tanaman jagung

Karena pentingnya jagung bagi kehidupan, maka budidaya tanaman pangan yang satu ini juga tentunya harus dikembangkan. Membudidayakan jagung tidaklah sulit, bahkan anak pun bisa melakukannya. Dengan membudidayakan jagung, anak-anak juga turut berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

#2 Budidaya Tanaman Cabe

Screenshot 27
Tanaman cabe

Masyarakat Indonesia dikenal menyukai selera pedas. Karena itu tanaman cabe pun jadi tanaman pangan yang tinggi kebutuhannya. Tanaman cabe juga termasuk tanaman pangan yang mudah dibudidayakan oleh anak-anak.  Anda dapat mengajarkan anak Anda membudidayakan tanaman cabe dengan menggunakan lahan kecil di pekarangan rumah. 

#3 Budidaya Tanaman Ubi Jalar

Screenshot 26
Tanaman ubi jalar

Ubi jalar juga termasuk makanan pokok setelah beras dan jagung. Ubi bisa diolah menjadi makanan apapun, dari makanan yang ringan hingga berat.  Jenis tanaman pangan yang satu ini juga mudah dibudidayakan. 

Jika dibudidayakan dengan benar  tanaman ubi jalar ini bisa sangat menguntungkan, karena ubi juga banyak diminati masyarakat.  Anak-anak pun bisa belajar membudidayakan ubi jalar.

#4 Budidaya Tanaman Kentang

Screenshot 28
Tanaman kentang

Kentang merupakan salah satu tanaman pangan yang sering dijadikan sumber karbohidrat selain nasi. Biasanya kentang dikonsumsi orang yang ingin kurangi konsumsi gula. Karena kentang mengandung lebih sedikit glukosa dibandingkan nasi.

Kentang juga termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan dan mempunyai permintaan yang tinggi dipasaran. Membudidayakan tanaman kentang sangat berpotensi mendapatkan keuntungan besar. Anda juga bisa mengajarkan anak Anda membudidayakan kentang, karena memang mudah dilakukan. 

Saat panen nanti anak-anak pun pasti menyukainya, karena kentang bisa diolah menjadi aneka cemilan seperti donat, keripik, dan makanan ringan lainnya yang disukai anak-anak. 

#5 Budidaya Tanaman Tomat

Screenshot 6 2
Tanaman tomat

Tanaman tomat juga termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan bahkan anak-anak pun bisa melakukannya dengan bimbingan orang tua tentunya.  Tomat sendiri merupakan buah yang kaya nutrisi yang banyak diminati masyarakat. Bagi anak-anak tomat bisa diolah menjadi minuman jus yang segar dan nikmat. 

Anak-anak pun pasti senang belajar membudidayakan tanaman tomat ini. Menariknya lagi, tomat termasuk tanaman yang cepat panen, sehingga Anda pun tidak butuh waktu lama untuk bisa menikmati hasil buahnya atau menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Karena tomat juga salah satu tanaman pangan yang tinggi peminatnya di pasaran.  

#6 Budidaya Tanaman Timun

Screenshot 29
Tanaman timun

Bagi masyarakat sunda makan rasanya tak lengkap dengan lalapan timun. Selain segar, timun juga kaya akan nutrisi. Timun memiliki manfaat bagi penderita darah tinggi, dimana bisa menurunkan tekanan darah. Timun termasuk tanaman pangan yang tinggi permintaannya. Sehingga bila dibudidayakan pun akan menghasilkan banyak keuntungan.

Tanaman timun juga tergolong mudah dibudidayakan, Anda pun bisa mengajarkan anak Anda untuk membudidayakan tanaman ini dengan menggunakan pot.

Demikianlah ulasan mengenai budidaya tanaman pangan yang mudah untuk anak rekomendasi tim Oke.or.id. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment