5 Tanaman Hias Paling Laris dan Cara Memperbanyaknya

Merawat tanaman hias kini jadi tren di kalangan masyarakat. Bukan hanya sekedar hobi, tanaman hias juga bisa jadi ladang bisnis yang menjanjikan. Untuk memulai bisnis tanaman hias ketahui dulu jenis tanaman yang lagi tren, agar hasilnya benar-benar menguntungkan. Berikut informasi 5 tanaman hias paling laris dan cara perbanyaknya.

Tanaman Hias Paling Laris dan Cara Perbanyaknya

Buat Anda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis budidaya tanaman hias, berikut Kami berikan rekomendasi tanaman hias paling laris dan cara perbanyaknya. 

#1 Tanaman Hias Monstera

Tanaman Hias Monstera
Tanaman Hias Monstera

Monstera adalah tanaman asli hutan tropis Amerika Tengah. Tanaman hias makin lama makin populer, bahkan disebut sebagai tanaman instagrammable potensial. Di Indonesia sendiri tanaman ini dikenal dengan nama “janda bolong”. 

Tanaman hias monstera memiliki ciri khas dengan daun hijau tua, bercorak apik dan estetik. Tanaman ini cocok di tempat pada ruangan indoor sebagai pemanis dekorasi. 

Monstera termasuk tanaman yang cepat tumbuh, dengan ditempatkan pada area dengan kelembaban yang tinggi serta dengan pencahayaan langsung. Untuk perawatannya dengan menyiram sepertiga bagian atas tanaman, hanya  bila tanah sudah mulai kering. 

Cara perbanyak

Tanaman monstera dapat diperbanyak dengan di-stek, caranya bisa menggunakan pisau atau gunting. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah 1: Sterilkan dengan alkohol alat yang akan digunakan untuk memotong
  2. Langkah 2: Potong bagian batang tanaman yang terdapat akar gantung atau akar angin
  3. Langkah 3: Siapkan anti jamur atau perangsang akar
  4. Langkah 4: Campurkan anti jamur atau perangsang akar tersebut dengan air secukupnya, lalu oleskan pada sayatan batang tanaman monstera, tunggu hingga kering.
  5. Langkah 5: Siapkan media tanam yang dibuat dengan campuran kokopit, sekam, pakis cacah, dan pasir malang
  6. Langkah 6: Setelah olesan sudah kering, tanaman siap ditanam.
  7. Langkah 7: Setelah tanaman sudah ditanam, siram dengan air, siram 2 sampai 3 hari sekali.

#2 Tanaman Hias Pothos

Tanaman Hias Pothos
Tanaman Hias Pothos

Tanaman hias Pothos merupakan salah satu tanaman hias yang yang paling laris di pasaran. Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan siri gading. Tanaman pothos memiliki sifat tahan banting, artinya ia tidak mudah mati.  

Hal ini karena tanaman pothos dapat tumbuh di segala kondisi dan cuaca. Namun sebaiknya hindari terkena matahari langsung. Tanaman ini dapat tumbuh sempurna saat tanahnya mengering di antara penyiraman. 

Cara Perbanyak

Cara perbanyak tanaman pothos dimulai dari ruas-ruas akar pada batang tepat di bawah bagian temu daun atau cabang. Benjolan kecil yang ada di batang akar pothos merupakan kunci untuk memperbanyak tanaman ini. 

Saat tanaman pothos sudah lengkap dan tampak tumbuh sehat, tanaman sudah bisa di potong. Potong batang yang sehat sepanjang 10-15 cm untuk men-steknya. Pastikan setiap stek mempunyai 4 daun atau lebih. Buang daun yang tumbuh paling dekat di ujung potongan. Setelah batangnya dipotong, rooting pun sudah bisa dimulai.

#3 Tanaman Hias Kaktus

Tanaman Kaktus
Tanaman Hias Kaktus

Tanaman hias berikutnya yang paling laris adalah kaktus. Tanaman ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman kaktus termasuk mudah dibudidayakan atau diperbanyak. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dimana saja kecuali di tempat dengan suhu yang sangat dingin atau beku. 

Tanaman kaktus juga termasuk tanaman yang hemat air. Memiliki ciri khas dengan bagian daging yang tebal yang fungsinya untuk menyimpan air

Cara Perbanyak

Tanaman kaktus bisa diperbanyak dengan 4 cara yakni lewat daun, stek batang, biji dan cabang. Untuk stek caranya sama seperti tanaman hias lainnya. Sementara itu untuk memperbanyak dengan menggunakan bijinya, langkah-langkahnya:

  1. Langkah 1: Keringkan biji lalu rendam pada air hangat. Kemudian disemai
  2. Langkah 2: Siapkan media tanam dengan mencampurkan kompos, tanah kompos, pasir halus, dan batu bata tumbuk. 
  3. Langkah 3: Siapkan bibit kaktus dan mulai tanam hingga berusia 1 tahun dengan panjang 4-5 cm
  4. Langkah 4: Pindahkan tanaman kaktus ke media tanam
  5. Langkah 5: Bila tanaman sudah berusia tua, stek batangnya sepanjang 6 cm dan diamkan selama  7-10 hari di tempat yang sejuk
  6. Langkah 6: Setelah batang benar-benar kering, tanam pada media tanam 

#4 Tanaman Hias Philodendron

Tanamn Hias Philodendron
Tanamn Hias Philodendron

Tanaman hias philodendron biasanya dijadikan aksesoris dengan digantung di teras rumah. Tanaman ini punya ciri warna yang mencolok dengan daun yang bentuknya khas. Terdapat lebih dari 500 spesies philodendron seluruh dunia. Setiap spesies punya keunikan tersendiri. Seperti spesies Micans yang punya ciri khas  daunnya dengan perpaduan warna hijau dan marun.

Cara Perbanyak

Cara perbanyakan tanaman hias philodendron bisa dilakukan dengan tiga cara yakni dengan stek batang, dengan bonggolnya dan dengan memisahkan anakannya. 

Cara perbanyak dengan stek batang

  1. Langkah 1: Pilih tanaman yang cukup dewasa, sehat dan lebat
  2. Langkah 2: Potong batang tanaman philodendron yang memiliki sedikitnya 2 ruas akar udara
  3. Langkah 3: Olesi luka potongan dengan menggunakan penumbuh akar
  4. Langkah 4: Tanam di media tanam dengan posisi vertikal
  5. Langkah 5: Tempatkan di tempat yang teduh, hindari sinar matahari langsung dan hujan

Cara perbanyak dengan pemisahan anakan

  1. Langkah 1: Pilih tanaman dengan daun lebat atau yang memiliki banyak rumpun anakan.
  2. Langkah 2: Cabut tanaman dari potnya, tapi jangan sampai akarnya rusak.
  3. Langkah 3: Pilih anakan yang memiliki daun terbuka sedikitnya 2. Lalu  potong batangnya yang menghubungkan induk dengan anakannya.
  4. Langkah 4: Rendam potongan dalam larutan vitamin B1 untuk menghindari tanaman stress
  5. Langkah 5: Tanam anakan yang sudah dipisahkan tadi pada pot baru, begitupun dengan induknya juga tanam kembali dengan media baru
  6. Langkah 6: Tempatkan di tempat yang teduh, hindari sinar matahari langsung dan hujan.

#5 Tanaman Hias Lidah Mertua

Lidah Mertua
Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman hias yang satu ini cukup populer di masyarakat, bahkan sering kita jumpai di rumah-rumah. Tanaman ini dikenal juga dengan nama Sansevieria. Tanaman lidah mertua banyak diminati lantaran tampilannya yang hijau menyegarkan eksterior dan interior hunian.

Lidah mertua sangat mudah dikenali dengan ciri daunnya berbentuk panjang seperti pedang hijau menyerupai dedaunan buatan. Tanaman ini termasuk mudah dirawat begitu pula untuk perbanyaknya juga tidak sulit. 

Cara Perbanyak

Untuk perbanyak tanaman hias lidah mertua, berikut caranya:

  1. Langkah 1: Pilih daun yang tidak terlalu tua dengan kondisi yang sehat dan segar.
  2. Langkah 2: Potong daun sepanjang 5-7,5 cm dengan menggunakan gunting yang tajam 
  3. Langkah 3: Biarkan potongan daun tersebut mengering  dalam beberapa hari
  4. Langkah 4: Tempatkan potongan daun seluruhnya dalam gelas atau wadah yang berisi satu inci air atau lebih. 
  5. Langkah 5: Ganti air satu hingga dua minggu sekali, ganti air lebih sering bila sudah tampak keruh.
  6. Langkah 6: Bila tanaman berlendir, hilangkan lendirnya dengan cara membilasnya menggunakan air hangat. 

Nah, itulah 5 tanaman hias paling laris dan cara perbanyaknya dari tim Oke.or.id, semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis tanaman hias.

Leave a Comment