Membagi Partisi Harddisk Tanpa Harus Instal Ulang

Published on February 2, 2012 by Dito

Filed under Komputer

Last modified November 19, 2013

Print this page

rate 1 star rate 2 star rate 3 star rate 4 star rate 5 star
Your rating: none, Average: 3 (2 votes)

This article have been viewed 2257 times

Tentang Bagus Wahyu Rudito

a child who has an ambition to improve education in Indonesia by way of spreading knowledge through website. Contact Person : Bagus Wahyu Rudito 08975989161 - dito.inside@gmail.com

Terkadang kita pernah melakukan kesalahan terhadap instalasi pada Operating System kadang Partisi buat System berlebihan dan Partisi buat penyimpanan data malah sedikit , lantas bagaimana solusinya mempartisi harddisk ? . apa harus install ulang ? sedangkan data data kebanyakan di System semua ..

Tenang jangan panik binggung dan putus asa, saya telah menemukan 1 solusi untuk mempartisi Harddisk tanpa harus instal ulang , solusi ini sudah terbukti dan sudah di coba pada OS windows XP,Vista dan Windows 7 . sekarang mari kita belajar bersama !

 

Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven.

yang harus kita lakukan adalah mendownload software EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition yang free dari situs resminya di http://www.partition-tool.com/download.htm

setelah anda download tunggu hingga proses download selesai. setelah itu installah software hasil downloadan anda kedalam PC atau laptop anda.
Contoh ini menggunakan harddisk 500Gb dan akan dibagi menjadi 2 partisi.

1. Pilih Partisi yang aktif

2. Klik menu Resize/Move

3. Kemudian Geser partisi yang kosong seperti tanda panah no 3 atau isi Partition Sizenya

4. Setelah anda mengatur partisi yang anda inginkan kemudian klik OK. Akan ada hasil partisi yang “Unallocated” atau belum terpartisi.

 

5. Pilih partisi yang Unallocated.

6. Klik menu CREATE untuk membuat partisi kedua.

7. Masukkan Label atau nama Partisi tersebut kemudian klik OK.

8. Kemudian Klik APPLY untuk membuat permanen proses membagi hardisk di windows XP, Vista, Seven.

9. Bila muncul pesan, klik “Yes” maka komputer anda akan restart Sendiri

10. Ketika komputer anda booting ulang maka proses pembagian partisi akan di jalankan, tunggu sampai komputer tersebut restart kembali dan booting ulang sampai windows anda berjalan dengan normal.
Dan Harddisk anda akan terbagi menjadi 2 bagian. Anda dapat membagi sesuai dengan kebutuhan anda misalnya 3 bagian atau 4 bagian partisi harddisk.
Selamat mencoba !